Tips Perawatan Rambut Kering dan Mengembang

Tips Perawatan Rambut Kering dan Mengembang

Rambut indah dan berkilau pasti menjadi impian setiap orang, terlebih bagi setiap perempuan. Namun, tak semua perempuan memiliki rambut bawaan atau alami yang indah. Pasalnya, beberapa perempuan masih bermasalah dengan rambut kering dan mengembang. Akhirnya, banyak dari mereka yang dibuat pusing dengan pertanyaan, “perawatan rambut kering dan mengembang apa yang paling efektif?”

Artikel ini dibuat untuk menjawab pertanyaan sebagian Anda, pemilik rambut kering dan mengembang. Langsung saja, berikut ini beberapa tips perawatan rambut kering dan mengembang yang dapat Anda lakukan di rumah:

  • Gunakan Sampo yang Melembutkan Rambut

Produk shampo yang Anda gunakan sehari-hari memegang peranan penting untuk kondisi dan kesehatan rambut seseorang, sehingga menjadi penting untuk memperhatikan hal ini. Untuk mengatasi rambut mengembang, ada baiknya Anda memilih shampo yang dirancang dengan manfaat dapat melembutkan dan melembapkan rambut. 

Sebab, salah satu penyebab utama rambut mengembang memang adalah kondisi rambut yang kering, kasar, dan kaku. Apabila rambut selalu terjaga kehalusan dan kelembutannya, risiko fluffy hair pun dapat berkurang. 

  • Jangan Lewatkan Penggunaan Kondisioner Setelah Keramas

Bagi Anda yang mengalami rambut kering dan mengembang, Anda juga bisa menggunakan conditioner sehabis keramas. Langkah ini jangan sampai terlewatkan karena dengan menggunakan kondisioner, Anda dapat mengatasi rambut mengembang secara efektif sekaligus mudah untuk dilakukan. Ini menjadikan kondisioner sebagai salah satu produk perawatan rambut yang populer.

Dengan menggunakan kondisioner, kelembapan rambut akan lebih terjaga dan tidak mudah kering. Sebaiknya Anda memiliki conditioner yang mengandung zat pelembap, misalnya polyquaternium, guar hydroxypropyltrimonium, atau hydroxyethyl dimonium chloride

  • Gunakan Minyak atau Masker Rambut Secara Rutin

Tips agar rambut tidak mengembang yang selanjutnya adalah dengan secara rutin menggunakan minyak atau masker rambut. Sebab, rambut yang memiliki kecenderungan mudah mengembang memang membutuhkan perawatan sedikit istimewa. Anda dapat menggunakan minyak atau masker rambut setelah keramas saat kondisi rambut masih basah. Fungsi menjalankan perawatan rambut ini adalah, minyak akan mengunci kelembapan rambut yang Anda miliki. 

Selain minyak, penggunaan masker rambut juga dapat dijadikan cara lain untuk mengatasi rambut mengembang. Gunakan masker rambut sesuai jenis rambut yang Anda miliki dan aplikasikan secara merata setelah keramas. Diamkan selama beberapa menit sebelum kembali membilasnya dengan air.

  • Kurangi Gesekan pada Rambut

Bagi Anda yang setelah keramas mengeringkan rambut masih dengan cara di gosok–gosok menggunakan handuk. Kini saatnya untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Gesekan yang terjadi antara handuk dan rambut dapat merusak kutikula. Alih-alih menggosokkan handuk di kepala, bungkus rambut Anda dengan handuk yang dibentuk menyerupai turban. Selain handuk, Anda juga bisa menggunakan alternatif kain berbahan katun yang lebih lembut secara tekstur untuk mengeringkan rambut.

  • Rutin Merapikan Ujung Rambut

Salah satu masalah turunan yang pasti terjadi pada rambut kering dan mengembang adalah rambut bercabang. Ujung helai rambut yang bercabang harus segera dipangkas sebelum mempengaruhi batang rambut dan membuatnya semakin rusak. Akan lebih baik jika Anda segera melakukan perawatan rambut saat menyadari tanda-tanda rambut bercabang mulai terlihat. Anda bisa bergegas berkunjung ke salon salon andalan untuk merapikannya.

***

Jika Anda ingin rambut kering dan mengambang Anda berubah menjadi indah dan mudah diatur, harus ada usaha lebih untuk melakukan perawatan rambut. Penggunaan vitamin mungkin membantu mengatasi masalah rambut kering dan mengembang selain melakukan beberapa tips di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *